Rabu, Mei 06, 2009

Rahasia di balik tanda lahir



Semua ibu hamil pasti mengisi waktu 9 bulannya dengan berdoa semoga bayi yang di kandungnya akan terlahir dengan lengkap, sehat & normal. Biasanya setelah bayi lahir seorang ibu akan menanyakan “ apa anak saya lahir sempurna, dok?”
Artinya punya semua indra yang lengkap dan sempurna. malah ada temen saya yang pas brojol anaknya lahir trus di taro di dadanya dia sempet-sempetnya ngitungin semua jari tangan & kaki bayinya ....
Selebihnya kalau anak itu menjadi anak yang pintar, berbakti kepada orang tua, agama & negaranya .... adalah karunia terindah.... alias bonus.

Dan anakku sendiri Alhamdulillah terlahir dengan sempurna, sehat dan cantik (kata emaknya sih... , tapi dia punya tanda lahir di kaki sebelah kirinya...warnanya coklat & berbentuk garis horizontal agak besar. saya jadi kefikiran ..nanti kalau udah besar tanda lahirnya ikutan besar gak yach? fikirku dengan cemas.

Ternyata katanya sih ada banyak sekali jenis tanda lahir, yang bisa saja terdapat di semua bagian tubuh. Saya sendiri punya tanda lahir hitam bulat di tangan sebelah kanan, waktu kecil sempat heran kenapa teman-teman yang lain tidak ada yang punya tanda lahir seperti saya, tapi berangsur dewasa ada juga tetangga saya yang terlahir dengan tanda hitam di wajah / hampir separuh pipi sebelah kanan, saya bersyukur karena tanda lahir saya tidak begitu terlihat, ada juga teman yang lain punya tanda lahir putih dipaha yang konon katanya enggak bakalan di karunia anak karena titisan nyi roro kidul… hmm ada-ada saja…takhayul itu . Dan memang hal itu tidak terbukti karena teman saya itu sekarang sudah dikaruniai seorang anak.

Jadi tanda lahir itu sudah biasa di temui di beberapa orang dan untungnya tidak berbahaya. Tidak jelas mengapa seseorang memiliki tanda lahir dan lainnya tidak. Katanya sih lebih sering di temui pada anak anak perempuan. Kadang tanda lahir ini ada sejak dilahirkan dan ada juga yang timbul setelah beberapa lama dilahirkan.

waktu buka email yahoo hari ini ada bahasan mengenai tanda lahir ini, wah kebetulan nich ... jadi bisa nyontek penjelasannya, tepatnya di terjemahkan bebas dari http://www.divinecaroline.com/.

Menurut orang barat sana banyak pendapat seputar tanda lahir ini, ada yang mengatakan ini pertanda bahwa harapan/ do'a seorang ibu yang tidak dikabulkan, ada yang mengatakan ada suatu kejadian pada saat hamil, atau karena Trauma ibu pada saat melahirkan.
Kenyataannya malah lebih sensasional ….. ini bukanlah karena kesalahan seorang ibu dan juga tidak menular. Beberapa tanda lahir merupakan “unsur genetik” tetapi semata-mata terjadi secara acak. Kebanyakan tanda lahir tidak mempunyai effect serius yang permanen pada kesehatan manusia.

Tanda lahir di kategorikan menjadi 2 bagian : zat warna yang berhubungan dengan pembuluh darah, Zat warna tanda lahir yang di sebabkan oleh melanocytes yang “tumbuh terlalu cepat”, sel yang mengatur pigment / zat warna di kulit kita .
Pigment Tanda lahir ini sudah biasa terjadi, termasuk tanda yang di sebut café-au-lait spots, moles, and Mongolian blue spots.

Café au lait spots biasanya berwarna seperti kopi yang dapat muncul di bagian tubuh mana saja.. walaupun halus, tanda berupa lingkaran biasanya di temukan di bagian bawah tubuh. Jika ada anak yang memiliki beberapa tanda seperti ini, kemungkinan itu akan menjadi potensi gejala penyakit syaraf dan harus di periksa lebih lanjut oleh Dokter ahli.

Mongolian blue spots adalah tanda yang aneh, rata, seperti tanda memar/ bengkak biasanya di temukan di pantat bayi atau bagian bawah tubuh. Tipe tanda lahir ini lebih banyak ditemukan terdapat di bagian kulit bayi yang paling gelap dan di namakan Attila the Hun, untuk bayi yang mempunyai tanda lahir tersebut. Tanda lahir ini berubah dari warna biru ke warna hitam & grey / abu-abu, dan biasanya memudar / bahkan lenyap beberapa tahun kemudian.

Vascular birthmarks : adalah cacat bawaan dari pembuluh vessels & pembuluh rambut dari darah dekat kulit. Kadangkala pembuluh vessels melebar secara tidak wajar dan kadang-kadang juga karena banyaknya pembuluh ini. Tetapi mereka mengirim volume darah yang banyak pada area yang rusak tersebut, yang mengakibatkan tanda berwarna merah dan merubah warna kulit.

Macular stains : kadang kala disebut juga “salmon patch”, angel kisses (kalau di terjemahin ciuman bidadari?) atau stork bites (patokan bangau??) karena warnanya pink/merah muda & rata atau merah terdiri dari kumpulan “vascular birthmark”. Tanda yang tidak berbahaya ini biasanya terdapat pada wajah, kepala atau tengkuk dan biasanya hilang setelah melewati masa kanak-kanak.

Hemangiomas dapat berupa tanda jadi / tanda yang timbul ke permukaan kulit dan dapat tumbuh di bagian dalam kulit. Warnanya merah muda dan biasanya timbul seperti bengkak. Kebanyakan dari tanda lahir ini berbentuk kecil & hilang setelah masa kanak-kanak, tetapi ada juga yang terus tinggal & membesar seperti kulit yang cacat. Walaupun tanda ini tidak selalu berbahaya, tanda yang terdapat di wajah atau kepala akan mengganggu pernafasan atau penglihatan dan harus di periksa dengan periodik oleh dokter. Kadang juga di sebut Stawbery hemangiomas karena bentuknya bengkak di bagian atas.

Port wine stains : adalah tanda lahir yang paling berbahaya, biasanya berwarna merah tua atau ungu, dan kadang sangat terlihat dengan jelas. Biasanya berada di wajah, walaupun tidak mengancam nyawa tapi dapat merubah bentuk wajah, karena darah yang melimpah di area ini dan dapat mengakibatkan kulit tegang atau bahkan mengubah kulit. Banyak orang dengan tanda lahir ini melakukan laser terapi untuk menguranginya, karena seiring waktu tanda ini akan berubah tekstrurnya seperti koral atau dapat mengganggu penglihatan bahkan kemampuan bicara.

Nah..jadi tunggu apa lagi, bagi anda yang punya tanda lahir segera periksa apa termasuk salah satu tanda lahir diatas.... mudah-mudahan bukan yang berbahaya...


3 komentar:

  1. Kalo tanda lahirnya putih gimana om? Belum sempat di periksain sih, soalnya anak saya kebetulan baru lahir.. Tapi orang-orang di kampung saya beranggapan tanda itu adalah pertanda kurang baik. Tapi semoga saja itu adalah suatu pertanda kebaikan, saya tidak ingin terjadi sesuatu dengan buah hati saya ini.
    Terimakasih atas informasi mengenai tanda lahir ini om...

    BalasHapus
  2. Anonim1:07 PM

    panu itu mbak

    BalasHapus
  3. Anonim11:18 AM

    kalo saya punya tanda setiga merah di paha sudha lama tapi ga ap2 kira-kira ap ya mungkin ada yang tahu,,,,

    BalasHapus