Jumat, Februari 19, 2010

Penipuan berkedok cinta

Di jaman yang serba canggih ini banyak sekali modus penipuan demi sesuap nasi & segenggam berlian.... , seperti yang di alami sahabatku baru-baru ini.

ceritanya kita lagi pada gabut ..alias gaji buta tidak ada kerjaan karena orderan lagi gak banyak.
Dia iseng-iseng chatting lah sama cowok, entah kenalan di situs apa. cowok itu mengaku namanya Leo William, 42 tahun dari UK, duda dan kaya raya, kemudian mereka tukeran foto dan ngobrol ngalor-ngidul yang membuat mereka semakin dekat dan mesra di dunia antah berantah itu, malah saling memanggil honey segala.

Sore itu sekita pukul lima sore, seperti biasa Mitha_sebut saja namanya begitu, chatting lagi sama Leo.
Leo : hi..honey...are you there?
Mitha : yes,hun.... here i'am
setelah ngobrol ngaler-ngidul ..bla..bla.., akhirnya si Leo bilang
Leo : hun...pls. send your full address, I'll send love package to you!
Mitha : package for me? what kind of package?
Leo : I'll send a laptop, diamond and some money

si Mitha girang banget dong, denger kabar ada orang yang mau ngirim paket buat dia, lagian siapa sih orangnya yang gak seneng di kasih hadiah apalagi diamond bo..wuih senengnya.
tanpa fikir panjang dia kasih tahu alamatnya lengkap ... kap.

keesokan harinya si Leo nyuruh Mitha check pakage yang menurut pengakuannya sudah dikirim pakai courier : http://www.globalworldcourierservice.page.tl/ dia dikasih password buat track tuch package.
saking girangnya si Mitha teriak...
"Li..gue dapet package dari UK beneran gak yach ..nih gue buka di website couriernya beneran ada lho package atas nama gue !" katanya penuh semangat.
"emang isinya apaan?" tanyaku sambil nyamperin komputer Mitha
"menurut si Leo sih isinya Laptop, diamond ring + earing & uang 5000 pound" jawab Mitha
"kok, bisa kirim duit & perhiasan pakai courier, dan nama couriernya asing banget yach, coba check di mbah google!" jawabku sambil copas tu website ke google dan muncullah website conectique.com, ketika di baca bener aja banyak dari pengalaman wanita-wanita lain yang pernah ditipu dengan modus operandi yang sama dan sebagian dengan nama yang sama pula, yaitu : Leo William.


"hmmm... dasar kampret penipu, jeng terusin aja ..pura-pura oon aja yach , nanti dia kan pasti nyuruh bayar, kerjain aja biar mereka buang pulsa banyak!" lanjutku.
akhirnya Mitha nerusin chat sama si Leo yang beralasan mau keluar kota selama 14 hari, dan paket itu akan diterima Mitha dalam 2~3 hari.

berulang-ulang Leo bilang kalau dia kirim uang di dalam paket sebesar 5000 pound untuk beli apartement jadi pas dia ke indo ada tempat untuk dia tinggal, trus dia tanya nanti masalah gak yach? mungkin dia mau tau Mitha ngerti gak, kalau kirim paket uang & barang berharga itu dilarang menggunakan courier.
Mitha pura-pura enggak ngerti dan dia bilang "thanks so much hun...I'll inform once it arive!"


Keesokan harinya Mitha terima telp. yang ternyata dari si Leo "hai honey, how are you? did u received the package?"
"no, not yet" jawab Mitha, tut..tut..tut...kemudian entah kenapa telp. terputus
enggak lama hp dia bunyi lagi dan seseorang di sebrang sana berbicara dengan logat melayu kental
"hello, May name is zarima from Malay kastam, may I speak with Mitha?"
"yes, Mitha speaking"
"you ada package dari UK, I sudah scan dan isinya barang berharga" lanjutnya
sama mitha sengaja telpnya di lama-lamain biar buang pulsa tuh penipu.
"oh, yach? and what should I do, when can I receive that package?" tanya Mitha
"packagenya bisa di ambil, tapi you harus bayar denda 13juta rupiah saja!, nanti kalau sampai Indonesia you tidak usah bayar apa-apa lagi!"
(ya..iyalah gak usah bayar, barangnya aja kagak ada!" batin Mitha dongkol)
"ok, tapi saya tidak tahu, bagaimana cara bayarnya, saya belum pernah kirim uang ke luar negri!" lanjutnya dengan menahan sabar, biar suaranya sedatar mungkin
"oh, gampang you tinggal tranfer aja ke western union, nanti saya call lagi bagai mana caranya!"
"ok dech, tapi you yakin kalau barangnya itu diamond?" ulang mitha lagi sengaja memperpanjang pembicaraan
"iya, tadi I sudah bilang kalau sudah scan isinya diamond, I nanti call you yach, see you bye!" tut..tut....jawab disebrang sana sambil menutup telp, mungkin dia takut pulsanya abis kali.

tapi karena Mithanya sakit & dirawat selama seminggu, akhirnya si penipu enggak pernah contact lagi tuch ...tau kali kalo mangsanya gak bakalan dapet diperes uangnya


kemungkinan penipu ini adalah dua sejoli atau suami istri yang tinggal di Malaysia, karena no. telp.nya pakai code negara itu, dan mereka menipu dengan kedok paket cinta, jadi buat teman-teman yang suka iseng chating dengan orang asing, berhati-hatilah, kalau beneran di kirim paket sih yach ..alhamdulillah asal jangan suruh bayar.





10 komentar:

  1. Anonim7:03 PM

    salam buat teman di seberang, nampaknya apa yang dialami kakak saya serupa dengan rakan anda. Masalahnya kakak saya sudah percaya 100% dengan tipu muslihat penipu. Walau saya beri nasihat berkali-kali dia masih lebih percaya si penipu berbanding adik kandung sendiri. Akhirnya kakak saya menuruti kehendak penipu itu lalu mengirimkan melalui western union wang sebanyak rm 30,000 atau Indonesia Rupiah 90 juta.

    Jadi hal ini menjadi peringatan buat semua masyarakat supaya berhati-hati dengan penipuan seperti ini.

    BalasHapus
  2. Anonim9:52 PM

    saya juga ditipu dengan hal yang sama namun saya sudah curiga sejak awal sehingga saat orang dari malaysia memberi tahu kalau paket di scan bea cukai dasn ada berisi uang sehingga harus didenda 12 jutaan yang saya harus bayar ya saya tolak dan saya suruh minta sama pengirimnya saja toh saya tidak terlalu berharap dan tidak akan rugi juga kalau barang tidak sampai. Akhirnya mereka tidak ada balasan2 lagi setelah mengetahui saya tidak bisa ditipu. HATI KAWAN2 TERUTAMA WANITA YANG KESEPIAN DAN KAYA ATAU SANGAT BERHARAP PUNYA BARANG2 MEWAH. JANGAN TERJEBAK RAYUAN MAUT MEREKA...WSPADALAH!!!

    BalasHapus
  3. Anonim4:03 PM

    Waah sama dengan kejadian yang saya alami hanya saja saya tidak jadi mentransfer 7 juta ke western union. Sama persis saya dapat kenalan yang ngakunya orang London,UK.Tiba2 dia masuk mll FB saya. Lama setelah akrab. Dia bilang cinta segala pada saya. Saya tetep waspada dan pura2 mengikuti kemauannya. Sampai suatu saat dia mengatakan kirim barang perhiasan, HP, laptop, uang 10.000 pound sterling dll. Batin saya sih sebenarnya sudah curiga kok bisa-bisanya uang dikirim via jasa company. Lagipula company nya tidak terkenal dan sepertinya tidak punya link internasional. Tertulis Sky Eagle Worldwide Express. Pikir saya kenapa tidak pakai DHL dan uang langsung transfer by bank? aneh bukan.yakin akan tertipu,namanya saya blok di FB begitu pula nama di yahoomess saya delete. Begitu ada telp perempuan yang ngakunya dari agent pengirim di Malasyia dan meminta transfer uang 7 juta. Saya hanya bilang tolong barang2 itu kembalikan ke sender-nya, saya tidak butuh itu semua.Beberapa menit setelah telp ditutup, ada message offline di yahoomess dari temen chat saya itu yang isinya emoticon melambaikan tangan. Alhamdulillah tindakan saya ternyata benar...Allah masih mengingatkan saya..

    BalasHapus
  4. aq brsn jg kena tipu kayaknya. dy make nama george alex dan make pengiriman sky eagle worldwide express... anjing2x

    BalasHapus
  5. thanks ..................

    BalasHapus
  6. Wah.... gw jg 2 bln ini lg dkt sm bule namanya daniel wage lewis asal USA dy ngakunya jadi us army dan lagi di tugasin di ivory coast ...seneng bgt pas dy blng mao berkunjung k indonesia stlh 3 hr kmdin dy minta almat n no hp ku ya tnp pkr pnjng aq ksh deh almat n no hp ku kebesokaannya dy email aku dy bilang dy menunda kdtngannya ke indonesia krn misiny d sana blm selesai untuk kasih penghargaan atas cinta ku kpdny dy kirimin aq parcel yg isiny hand bag, 1 set perhiasan, arloji, parfum,bunga , dan boneka teddy bear dy blng di dlm bnk tersebut ada sjmlh uang sbsr $3500 buat ke perluanya di sini n byr sewa apartemen. Dy ngirim parcel itu pake laposte delivery service krn tmnnya di sn menyarankan jasa kurir tersebut karena lbh aman dr pad DHL, n Fedex. Dy blng lah sm aq klo aq hrs byr lbh dulu ke kurier itu $450 untuk biaya asuran n vat dy jg ksh copy airwaybill . Wah bkn ykn aj bskny aq dpt email dr laposte ny klo parcelnya sdh smp bandara soekarnoe hatta mrk jg ksh info untuk melakukan pmbyrn melalui western union ats nm jonna johson di ivory coast . Wah aq jd bngung nih mana pny aq dwit sbnyk itu trs aq krm email ke pcr klo aq ga punya dwit bt byr tghn itu n aq nyaranin dy bt byr tghn itu dr sn ...eh bskny aq dpt blsn dr dy klo dy nyruh aq pinjam duit ke orng lain bt byr tghn itu trus aj lng q bls lg email smbl mrh2 ke dy aq jlsn aj aq da usaha cr pinjaman di sini tp ga dpt n aq g bs byr tgh itu ehhhh dy bls lg lah email ku klo dy brsh cr dwt dr sn krn visa card ny g bs d pk di sn dy blng dy pinjam sm tmny yg ada d usa sebesar $250 untuk itu dy nyuruh aq lg $200 pinjam ke tmn2 dkt ku dy bkl ganti uangnya dng uang yg ad di parcelnya dy atau jika dy dtng k indonesia. Tnp brpkir pnjng bsknya aq cblah cr pinjaman ke tmn n akhirnya dpt tp g tao knp aku cb googling tentang pengiriman paket luar negeri ehhh malah dpt info tentang penipuan berkedok cinta dan pengirimn parcel ya deh abis bc blog tntng itu aq urungin niat ku bt trnsfr dwit k western union. Hmmmmm bersyukur bgt ga jd ke tipu

    BalasHapus
  7. Anonim1:49 PM

    Aku juga ngalamin itu beberapa wktu lalu.ada bule dari UK namanya Frank Louis dgn alamat email franklouis@myself.com....ngobrol kesana kesini akhirnya dia bilang cinta ke aku.karena aku tahu dia ini scammer aku kerjain aja dia hehehehe...aku bilang klo dia cinta sama aku,kamu hrus kirim email minimal 10x dalam sehari(gempor-gempor tuh jari nulis email)terus kamu harus telfon aku tiap hari(biar abis tuh pulsa...)dan lucunya dia nurut aja,gak tahu dia nyadur kata2 romantis dari mana tiap hari kirim email ampe 10x,setelah sekitar 1 bulanan dia bilang klo mau kirim paketan berupa cincin berlian,kalung berlian,,handbag,jam tangan berlian,parfum,dan rangkaian bunga.pura2 aja aku seneng dan langsung bilang.....thank you so much,kemudian si Frank ini telfon udah terima paket apa gak,aku jawab gak.siangnya ada cewek telfon,kalo paketannya udah nyampek jakarta dan harus transfer sebesar RP.9.800.000!!!Nahan tawa bangeet deh,tuh scammer bego apa gimana yaa:
    1.perjalanan paket dari eropa ke indonesia gak mgkin hanya 4 hari,
    2.Kirim bunga dari Eropa?????haaalooo.....apa gak layu dijalan tuh bunga,apalagi pake ekspedisi yg ditumpuk2
    3.Dimana mana yang namanya terima barang ya gak pake bayarlah,karenasecara otomatis di tanggung sama sipengirim.
    4.Dia pake ekspedisi yang ternyata ekspedisi itu beroperasi di Dubai(konyol bangeet)
    Jadilah bukan dia yang ngerjain aku,tapi aku yang ngerjain dia...the last email dia bilang"i never write email to you again..."dengan santai aku balas..."do you want to play babe,i will show you the way to play that games....heheheheee"
    buat teman2,lebih hati hati yaaa,,,,klo ada yg nebar rayuan di dunia maya,bawa santai aja.anggap aja pemberi mood baik,dari pada baca hal2 jelek meskipun gombal.jangan terpancing dan percayalah bahwa dunia nyata itu lebih indah dari dunia maya.....keep smart!!!!

    BalasHapus
  8. Saya juga mengalami hal yang sama mendapatkan email scammer/penipuan berkedok cinta dan saya jawab setiap email yang dia kirim (saya ingin tahu sampai sejauh mana) dan sampailah pada email-email berikutnya yang berujung pada permintaan uang dengan berbagai macam alasan. saya belum tahu siapa sebenarnya dia dan kita tidak boleh percaya begitu saja padanya. sampai sekarang saya masih mendapatkan email seperti itu. Dan sekarang saya tuangkan dalam blog, jika anda ingin melihat contoh surat tersebut silahkan mampir di blog saya http://romancescammer.blogspot.com/

    BalasHapus
  9. ini gan link identitas penipu yang saya buat tentang penipu itu,semoga bermanfaat

    http://sandinaora.blogspot.com/

    BalasHapus
  10. wah wah...banyak ya korbannya...
    aku baru kenalan sama Mark Markins dr durham-UK (katanya), seorang PhD, chief accountant dr perush KAP international..... gak logika aja baru 2 minggu kenal dia lgs mau ajak nikah....apalagi ankku 3...weh weh weh...
    ni bule kira cewek2 indonesia bisa dibodohin semua apa ya?
    FB nya: Mark markins
    YM: mark.markins
    WA:+447452186561
    kalo kirim foto pokoknya di venue yg oke banget deh... terakhir dia menghilang krn aku gak mau bayar paket yg dia kirim melalui cargo diplomatik (+62-21-94570475).... ishhh drpd kasih mereka orang mending untuk biaya hidup anak2 gw deh....
    segala gw diancem segala ama tu orang...
    semoga ini bisa jadi pelajaran kita semua...waspada aja.....

    BalasHapus